Strategi Gue Belajar bareng Zenius untuk SBMPTN 2018


Related image

Hallo para pembaca!
Yang nyasar di blog gue 😂

Kali ini gue mau nulis tentang rencana gue belajar bareng zenius di tahun 2018 untuk nyiapain tes PTN/PTK seperti yang udah diketahuin tes STAN, SBMPTN, dan tes lainnya yang akan mulai menyerang hahaha...

Ohya, sebelum gue memaparkan apa aja rencana dan strategi gue buat menghadapi segala macem tes di 2018 bareng Zenius, gue mau kasih tau dulu zenius itu apa sih kenapa judul gue ada zenius-zeniusnya, Zenius adalah situs belajar yang menyediakan berbagai jenis mata pelajaran mulai dari sd sampe persiapan kuliah dan udah di pake banyak banget siswa di Indonesia serta turut membantu penendidikan di Indonesia agar tersebar secara merata. Itu sih menurut gue hehe

Selanjutnya gua mau nunjukin analisis SWOT yang udah gue bikin terlebih dahulu. Karena gue pernah baca disalah satu artikel ZeniusBlog "Cita-cita aja ga cukup untuk meraih mimpi tapi butuh strategi!" bahwa strategi itu penting. Oleh karena itu gue buat Mind Map ini.

Jadi dari Mind Map tersebut gua bisa merefleksi diri gue terlebih dahulu apa aja kelebihan dan kekurang gue yang mesti gue perbaiki dan tingkatkan sebelum menghadapi peretmpuran sesungguhnya. Dari Mind Map tersebut masih keliatankan kelemahan gue paling banyak heheh
Mind Map Analisis SWOT
Keliatankan di foto tersebut masih banyak kelemahan gue nah oleh karena itu gue butuh strategi dong jelas supaya semua kelemahan tersebut bisa gue atasi.

Terus apa aja sih yang mesti gue siapin?

1. Motivasi
Jelas banget dong motivasi jadi hal yang penting buat kita meraih seusatu tanpa motivasi gue maupun lo pastinya bakal males buat meraih sesuatu tersebut! Kalo motivasi gue sendiri sih yang jelas pengen bahagiain ortu dan gue tuh seneng banget sama yang namanya ilmu2 baru jadi gue pengen belajar lebih dan bisa mengaplikasikan ilmu yang gue punya buat masyarakat luas syukur2 bisa buka lapangan pekerjaan nantinya 😁 terus gimana nih kalo tiba-tiba gue demotivasi, kalo gue sih cukup cari-cari rekaman yang ada suara wilonya 😁

Image result for zenius quote
Motivasi gue setia dengerin zenius 😁


2.Belajar
Kita semua udah pada tau kan pentingnya belajar, untungnya nih gue kenal sama Zenius yang bisa ngebantu gue 24 jam buat belajar heheh
Ohya selain itu gue juga butuh rencana yang mesti gue lakuin selama belajar dong pastinya, misalnya :

- Materi/Bab Apa aja yang sering keluar di SBMPTN
ini berguna banget buat tau materi apa aja yang wajib gue pelajari selama nyiapin SBMPTN bareng zenius, nih gue kasih listnya atau kalo mau lebih lengkap bisa juga langsung ke artikel yang membahas mengenai hal tersebut disini
Di Zenius juga udah ada semua materinya kok. gue juga terbantu banget dengan materi yang ada di zenius menurut gue para tutornya tuh ngejelasinya kece dan mudah dimengerti apalagi bang sabda yang bikin gue dari yang ga terlalu suka matematik jadi suka banget sama yang namanya matematika.

Ohya ini dia list materi yang gue jadiin refrensi buat belajar!



- Jadwal Belajar
Jadwal belajar penting banget dibuat soalnya gue bisa menjadi lebih disiplin dan lebih bertanggung jawab terhadap jadwal yang ada, untuk jadwal belajar sendiri gue udah buat jadwalnya, berikut penampakannya 😁



Itu dia penamapakan jadwal belajar gue untuk bulan januari (gue buat perbulan) dan ditemenin oleh zenius pastinya hehe
untungnya tuh zenius bisa diajak buat ngedate bareng buat belajar kapan aja bisa tengah malem pas gue butuh ketenangan ataupun pagi pokoknya kapan aja dah selama kuota masih ada yang pastinya wkwk kalo buat waktu belajar gue sukanya malem sampe pagi jam 6-an dan sisanya gue manfaatin sebisa mungkin buat latihan soal. Gue juga buat target mingguan minimal gue bisa bener-bener paham 1 materi/bab dan bisa ngerjain berbagai tipe soal di bab tersebut.

- Latihan Soal dan Review bareng Zenius
bagian ini penting menurut gue karena kalo ga latihan gimana bisa tau udah seberapa paham dalam materi tersebut dan review juga penting kalo misalnya ada konsep yang lupa mesti buru-buru di review kembali

3. TRY OUT
Yang gue tau try out itu penting banget buat ngukur kemampuan seberapa siap gue menghadapi tesnya kelak, seperti yang udah glenn jelasin di tulisannya di ZeniusBlog "Petingnya Try Out".
Dan di jadwal belajar gue juga terlihat jelaskan ada tulisan TRY OUT malah sampe 3x lagi hahaha lagi-lagi gue bersyukur banget di zenius nyediain soal-soal buat gue untuk try out secara mandiri bonus pembahasannya lagi kalo gue ga ngerti, kurang baik apa coba zenius 😀😁
Satu lagi hal penting adalah tiap try out mesti dicatat tuh hasilnya kalo bisa sih sama statistiknya sekalian, berhubung gue belum buat jadi kaya gini contohnya.
Image result for zenius quote


4. Mental dan Kesehatan
Jujur ini hal yang sangat-sangat penting banget menurut gue, kalo mental dan kesehatan berantakan semua yang telah direncanain dan persiapin bakal berantakan, maka dari itu hal ini sangat penting minimal olahraga lari keliling atau push up udah lumayan dan olahraga itu bikin pikiran jadi fresh juga loh dan kalo masalah mental, gue sih biasanya kalo gugup bakal mainin pulpen/pensil dan minum suapaya ga gugup lagi, tiap orang beda2 kok ngatasin rasa gugpnya so ketahuilah lebih cepat lebih baik supaya bisa diminimalisir saat ujian.

Nah itu dia rencana gue yang bakal gue lakuin di 2018 untuk mempersiapkan diri dalam menghadapai  SBMPTN. btw zenius itu udah kaya pacar gue sendiri hahaha saking pengertiannya buat gue yang membutuhkan bimbingan dalam hal belajar dan artikel yang menarik untuk dibaca yang bakalan nambah ilmu gue di ZeniusBlog. Dengan rencana tersebut semoga gue bisa mengurangi atau menghapus yang menjadi kekurangan gue dalam menghadapi tes yang akan datang.

Oke sekian tulisan gue tentang rencana belajar dan hal apa yang harus gue siapin semoga tulisan ini dapat membantu dan maaf bila masih ada salah kata 😃

Related image

#Rencana Belajar Bersama Zenius

Komentar

Postingan Populer